Kamis, 22 Maret 2012

Artis Muslim Korea dan kehidupan Islam di Korea ^^


hahaha *ketawa terpaksa
sebenarnya, postingan ini udah banyak beredar di internet. Cuman, aku pengen nambahin sama kehidupan Islam di negeri Gingseng sana. Oke deh, daripada menunggu Afika yang lagi makan oreo, mending kita lihat :))

Sahabat percaya, ga ? Ternyata, di Korea sana, ada juga Artis yang memeluk agama Islam ! *kaget*. yah, walau tidak setenar Lee Min Hoo a.k.a Pak AB, tapi cukup bikin bangga :))

Ini dia profilnya !!

  • Name: 이기우 / Lee Ki Woo (Lee G i Wu)
  • Profession: Actor
  • Birthdate: 1981-Oct-23
  • Birthplace: South Korea
  • Height: 189cm
  • Weight: 78kg
  • Star sign: Scorpio
  • Blood type: AB
  • Talent agency: SidusHQ
Waw, sudah mempunyai *umur* juga yah #Plakkk ...

Ini nih,
Pernah nonton sih, cuma gatau oranngya yang mana #gubrakk ...

Oke, sekarang ke kehidupan Islam di Korea :))


Islam Di Korea
Sebagaian besar masyarakat di korea tidak beragama (atheis), yang jumlahnya mencapai sekitar 45%. Kemudian, diikuti dengan pemeluk agama Budha (23%), Kristen (18%) dan Katolik (10%) secara berturut-turut . Tidak lupa, terdapat satu masyarakat minoritas yang menganut agama tauhid yang berusaha untuk tetap eksis di tengah-tengah mayoritas masyarakat pada umumnya. Ya, kelompok minoritas tersebut adalah umat Islam. Islam pertama kali mulai dikenal di Korea sejak tahun 1955 dengan datangnya tentara Turki untuk misi perdamaian di bawah PBB. Mereka membangun sebuah tempat sholat sederhana dari tenda dan mengenalkan tentang Islam di Korea. Sejak saat itu, kaum muslimin mulai ada dan jumlahnya terus bertambah . Meski demikian, sangat berbeda dengan di Indonesia, jumlah penduduk asli Korea yang beragama Islam sampai saat ini tidak lebih 0,1% dari sekitar 50 juta jiwa total populasi penduduk. Di samping jumlah tersebut, terdapat sekitar 200.000 muslim pendatang dari berbagai negara di dunia, baik untuk bekerja, belajar, ataupun menetap di Korea.
Kalo ini, Masjidnya :))
Masjid Seoul Center


Masjid pertama yang dibangun di Korea adalah Seoul Central Masjid and Islamic Center yang berada di kota Itaewon. Masjid ini selesai dibangun dan dibuka untuk publik pada tahun 1974 . Tidak hanya sebagai tempat sholat, di kompleks masjid juga dilengkapi dengan kantor, ruang kelas, sekolah, dan aula untuk konferensi. Hal ini dimaksudkan agar masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat sholat saja, namun juga sebagai pusat dakwah dan pendidikan. Sebagai contoh, program pengobatan gratis diadakan secara rutin untuk masyarakat umum di kompleks masjid ini. Segala kegiatan ibadah dan aktivitas dakwah dikoordinasi oleh Korean Muslim Federation (KMF). Mengingat sebagian besar jumlah kaum muslimin yang di Korea adalah pendatang, maka seluruh aktivitas ibadah di masjid meliputi sholat jumat, idul fitri dan yang lainnya, disampaikan dalam 3 bahasa, yakni arab, inggris dan korea
Bagaimanakah menjadi seorang muslim di Korea? Menurut pendapat seorang penulis, sebagai seorang pendatang, menjadi seorang muslim dan tinggal di Korea tidaklah sulit (meski juga tidak bisa dikatakan mudah). Secara umum, tidak ada hambatan berarti untuk menjalankan segala aktivitas ibadah. Di samping itu, untuk mendapatkan makanan yang halal dan baik, juga tidak sulit. Di sisi lain, masyarakat Korea cenderung tidak terlalu peduli dengan masalah agama, dan menghormati pemeluk agama lain. Sehingga, jika mereka mengetahui ada seorang yang ingin menjalankan ibadah dengan baik, mereka tidak akan ambil pusing dan beberapa diantaranya akan cenderung untuk mendukung (dengan menyediakan tempat dan yang lainnya). Meski demikian, sangat boleh jadi ada beberapa kasus yang berbeda dari hal ini di luar sepengetahuan penulis.
Nah, gimana menurut sahabat semua ?

Sumber :
Disini dan Disana :))

6 komentar:

Poskan Komentar

Arigatou sudah membaca catatan di blog ini :) komentar anda dapat membantu penulis untuk meningkatkan kualitas penulisannya ^_^